Rabu, 15 Desember 2010

PKH (Program Keluarga Harapan)


Program keluarga Harapan (PKH) merupakan suatu program penanggulangan kemiskinan. Dan merupakan bagian dari program-program penanggulangan kemiskinan lainnya, di bawah koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Pusat dan Daerah. Program ini dijalankan dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan di bidang perlindungan social. Pemerintah Indonesia melalui Dinas Sosial Kabupaten khususnya Dompu sejak tahun 2007 telah melaksanakan Program ini. Program ini bukan dimaksudkan sebagai kelanjutan program Subsidi Langsung Tunai (SLT) yang diberikan dalam rangka membantu rumah tangga miskin mempertahankan daya belinya pada saat pemerintah melakukan penyesuaian harga BBM. PKH ini lebih dimaksudkan kepada upaya membangun sistem perlindungan sosial kepada masyarakat miskin.
Dan menurut salah satu Pendamping PKH Kec. Woja (Didi Askariadin, S.Sos), Dalam PKH, bantuan akan diberikan kepada rumah tangga sangat miskin (RTSM) dan sebagai imbalannya RTSM tersebut diwajibkan untuk menyekolahkan anaknya, melakukan pemeriksaan kesehatan termasuk pemeriksaan gizi dan imunisasi balita, serta memeriksakan kandungan bagi ibu hamil. Untuk jangka pendek, bantuan ini akan membantu mengurangi beban pengeluaran RTSM, sedangkan untuk jangka panjang diharapkan akan memutus rantai kemiskinan antar generasi.

Dan sejak pelaksanaannya tahun 2007 yang lalu, Program Keluarga Harapan atau akrab disebut PKH ini sudah sangat familiar dan sering disebut oleh beberapa kalangan masyarakat di Kabupaten Dompu, khususnya Kecamatan Woja yang merupakan Salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Dompu yang mendapatkan Program ini terutama masyarakat yang berasal dari keluarga atau Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). Di kabupaten Dompu baru 4 Kecamatan yang mendapatkan langsung Program Keluarga Harapan ini yaitu Kecamatan Dompu, Woja, Kilo dan Pekat.

Dan untuk memudakan koordinasi, proses pendataan maupun pembagian dananya, Program PKH Pada tingkat Kabupatennya ada yang disebut UPPKH Kabupaten, di Kecamatan ada UPPKH Kecamatan dan di tingkat Lapangan ada Pendamping yang Mengkoordinir sejumlah Desa seperti tutur Bapak Didi Askaradi, S.Sos beliau menjadi Koordintor 4 Desa (Kelurahan Montabaru, Desa Matua, Desa Baka Jaya dan Desa Nowa) Kec. Woja.

Dengan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Cabang Dompu, Tim dan Pendamping Program Keluarga Harga (PKH), kemarin (Tanggal 14 s/d 15 Desember 2010) dua hari berturut-turut melakukan pembagian dana bantuan tersebut. Terlihat sejumlah warga miskin memenuhi Aula dan Halaman Kantor Camat Woka Kabupaten Dompu untuk mengantri pembagian Dana bantuan tersebut yang biasa dilakukan pada minggu ke 2 atau ketiga setiap 3 bulannya atau 4 kali dalam kurun waktu 1 tahunnya.
.
Dan jadwal pencairan Dana PKH Untuk keseluruhannya Kabupaten Dompu serentak pada Tanggal 14 Desember 2010 (yaitu untuk Kecamatan Dompu, Kilo dan Pekat, sedangkan untuk Kec. Woja 2 hari yaitu tanggal 14 dan 15 Desember 2010. setiap hari biasanya bergiliran, Hari pertama ada sejumlah Desa dan hari berkutnya ada beberapa Desa lagi sesuai dengan jumlah Desa yang ada di setiap Kecamatannya. Dan besarnya jumlah yang diterima setiap warga adalah tergantung kondisi rumah tangga atau biasa disebut dengan istilah “struktur rumah tangga” dalam PKH ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Web Host