Minggu, 19 Desember 2010

PASTE GADUNG salah satu INOVASI TEKNOLOGI UNTUK KEMANDIRIAN PANGAN


Gadung adalah sejenis umbian-umbian liar yang bisa dimakan yang terdapat banyak sekali dipegunungan yang ada di Dompu. Tumbuhan ini merupakan makanan pokok orang-orang zaman dahulu atau nenek moyang etnis Bima Dompu. Akan tetapi seiring perkembangan zaman dan teknologi beberapa umbian termasuk salah satunya adalah gadung ini tidak lagi menjadi makanan pokok dan bahkan sangat jarang orang yang mengkonsumsinya.
Tetapi beberapa tahun terakhir ini, banyak sekali program-program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan baik oleh pemerintah daerah maupun pemerintah propinsi yang tidak lain tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga melalui kelompok-kelompok usaha simpan pinjam, usaha mikro, dll. Sehingga gadung kembali menjadi sumber ekonomi beberapa bagian daerah di dompu yang memiliki hutan yang mempunyai potensi gadung yang cukup banyak.
Contohnya saja Ada beberapa kegiatan yang juga dilakukan agar meningkatkan keterampilan masyarakat-masyarakat yang ada di Desa, seperti pelatihan pengolahan makanan kerupuk udang, abon ikan marlin, pengolahan rumput laut, dan juga gadung yang bisa diolah menjadi keripik, tepung, dan juga kue, yaitu salah satunya Paste Gadung.

Walaupun bahan dasarnya gadung tetapi tetap menggunakan bahan – bahan lain diantaranya :
1. Telur : 2 Biji
2. Gula : 200 Gram
3. Mentega : ¼ Kg
4. Tepung Terigu : 50 Gram
5. Tepung Maizena : 25 Gram
6. Tepung Gadung : 250 Gram
Sedangkan C A R A M E M B U A T nya yaitu :
1. Kocok margarin dan gula halus selama 2 menit, masukan telur satu persatu sambil dokocok rata.
2. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena sambil di ayak dan di aduk rata.
3. Cetakkan diloyang yang di oles margarin
4. Oven 25 menit dengan suhu 150° sampai matang
5. Siap disajikan
Rasa gadung yang gurih, membuat cita rasa kue ini lebih enak dan bisa menjadi salah satu inovasi pangan non Beras untuk Daerah Dompu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Web Host