Rabu, 22 Desember 2010

Banjir Bandang , Hanyutkan 7 Rumah Warga

Dompu – Bencana banjir Bandang kembali melanda Dompu, Rabu 22/12 malam sekitar pukul 19.00 Wita kemarin bencana banjir bandang yang terjadi setelah hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Dompu mengakibatkan sedikitnya 7 unit rumah warga di kelurahan Montabaru Kecamatan Woja hanyut terbawa Arus. selain itu puluhan rumah warga lainya mengalami rusak parah.

Data yang berhasil di himpun kampung media, banjir yang terjadi akibat luapan air sungai rababaka ini merendam ratusan rumah warga di keluarahan Monta Baru serta Desa Matua Kecamatan Woja, tercatat, sebanyak 7 unit rumah hanyut terbawa arus, 78 unit rumah mengalami kerusakan ringan, 27 unit rumah rusak sedang dan sebanyak 21 unit rumah rusak parah.

Selain rumah yang hanyut serta rusak parah, sebagian warga yang rumahnya terendam juga mengalami kerugian berupa barang2 eloktronik, “banjirnya daatang denga tiba-tiba, sebagian kita gak ada yang sempat menyelamatkan barang – barang, seperti TV, kulkas, pakaian serta barang elektronik lainya rusak karena terendam dan terbawa banjir” ujar Sarifudin salah seorang warga kelurahan Montabaru yang rumahnya terendam banjir.

Sementara barang – barang warga yang rumahnya hanyut serta rusak parah, hanya sebagian kecil saja yang dapat terselamatkan itupun dalam kondisi rusak “ semuanya hanyut bersama rumah, hanya sedikit saja yang dapat terselamatkan,” keluh Badariah pemilik rumah yang hanyut pada kampung media.

Akibat banjir bandang tersebut kerugian warga masyarakat diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Sementara sejumlah warga yang memiliki rumah yang hanyut serta rusak hingga kini masih mengungsi di rumah tetangga serta kerabatnya, “melihat kondisi cuaca yang sangat buruk ini, kami masih ragu untuk kembali dan memperbaiki rumah, kami khawatir akan terjadi banjir lagi” ujar Badariah cemas. Sementara sejumlah warga yang rumahnya hanya terendam banjir, tampak sudah mulai membersihkan rumahnya masing – masing.

Hingga saat ini pemerintah daerah dalam hal ini bupati serta wakil Bupati Dompu yang turun meninjau korban banjir pada kamis 23/12 pagi, untuk penanganan awal pihaknya langsung memberikan bantuan berupa beras, selimut, pakaian serta mie instan dan perlengkapan masak lainya. Bupati berjanji akan segera melakukan pendataan bagi warga yang mengalami kerugian akibat banjir, “kami harapka pada bapak ibu untuk tetap bersabar dan tabah menghadapi ini semua, sebagai wujud tanggung jawab pemerintah daerah, kami akan segera melakukan pendataan pada warga yang mengalami kerugian akibat banjir, bagi warga yang rumahnya hancur serta rusak maupun yang mengalami kerugian akibat banjir akan kami ganti” janji Bupati Dompu Drs. H. Bambang M.Yasin di hadapan warga korban Banjir

Selain itu juga lanjut Bupati, untuk mengatasi korban banjir serta guna menjaga kemungkinan mewabahnya penyakit di pemukiman warga, pihaknya akan menurunkan sebanyak 50 orang tenaga medis untuk menanganinya,” selain itu juga kami berharap pada semua warga yang bermukin di Daerah Aliran Sungai (DAS) kalau memang bisa pindah, agar pindah saja” harap Bapati.

Untuk ikut meringankan para korban banjir guna memperbaiki serta membersihkan rumah warga, sejumlah tim Taruna Siaga Bencana (TAGANA)Kabupaten Dompu telah menurunkan sejumlah personilnya, bahkan ikut pula sebagian sisswa SLTP yang bertempat di Keluarahan Monta Bar turut membantu korban banjir (pur)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Web Host