Sabtu, 04 Desember 2010

Pembentukan KMD Baru



Kampung Media, sesuai dengan visi dan misinya bahwa pemerataan informasi dan mempercepat proses penyebaran infomasi di masyarakat khususnya ditingkat Desa/ Kelurahan merupakan tujuan utama dari terbentuknya Kampung Media pada akhir Tahun 2009 yang lalu yang merupakan Program salah satu Program Unggulan di Propinsi NTB, maka untuk meningkatkan proses itu secara meluas disetiap Kab/ Kota Di Propinsi NTB melalui DISHUBKOMINFO PROP NTB telah dibentuk lagi 2 Komunitas Kampung Media baru yaitu di Kec. Dompu dan Kec. Manggelewa Kabupaten Dompu.



Proses pembentukan sebenarnya sudah dilakukan lebih awal melalui surat pemberitahuan dan koordinasi dengan Camat masing-masing serta sudah dilakukan pelatihan yang dilalukan di Mataram beberapa hari yang lalu untuk meningkatkan kapasitas anggota KMD. Dan kemarin pada hari Jum’at 3 Desember Tahun 2010 secara resmi dilakukan pelantikan dan pembacaan ikrar oleh salah satu wakil KMD Kel. Potu Kec. Dompu yaitu “Abdul Azis”. Kegiatan ini dihadiri oleh tim dari DISHUBKOMINFO NTB, Kampung Media Ncuhi Riwo Kel. Montabaru, serta 10 orang pengurus dari Kampung Media yang baru, Kapolsek Dompu atau pejabat yang mewakili serta Camat Dompu yang dalam hal ini diwakili oleh Sekcam, dll. Dan melalui kesempatan ini sekaligus dilakukan penyerahan sertifikat pelatihan untuk wakil Kampung Media yang mengikuti pelatihan jurnalistik, lay out dan tata letak serta pelatihan dasar photografi, dan internet sehat tersebut.
Dan pada sambutannya Bapak Fairuz Abadi, SH dari Dishubkominfo Propinsi NTB mencoba menjelaskan bagaimana memanfaatkan internet tersebut untuk bisa menyebarkan informasi dan juga sebagai sarana ekonomi karena bisa mempromosikan apa saja yang ada di daerah masing-masing melalui internet karena pada setiap blog masing-masing yang dibuat oleh KMD tersedia kolom atau ruang tersebut. Dan orang yang datang dari luar daerah manapun akan mudah mengakses informasi tentang daerah kita khususnya dalam hal ini Kabupaten Dompu.
Seperti yang selalu diungkapkan oleh Bapak Fairuz Bahwa ”KMD ini adalah wadah untuk mencoba membudayakan bahasa bertutur kita bisa dituangkan kedalam sebuah tulisan”.
Dan Bapak Sekcam Dompu ikut pula menekankan bahwa ”Saya pikir tidak hanya dibudayakan tetapi lebih kepada bagaimana menumbuh kembangkan budaya tersebut”.(Nuchi_Riwo)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Web Host