Selasa, 02 Maret 2010

Pemilu Kada Dompu, 9 Pasang Balon Bupati Resmi Mendaftar di KPUD

Dompu – Sejak tanggal dibukanya pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati oleh KPUD yang dimulai pada tanggal 24 februari hingga 02 maret kemarin, sebanyak sembilan pasangan bakal Calon Bupati dan wakil Bupati Dompu yang siap bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah Dompu (Pemilu Kada) yang akan digelar pada 7 juni 2010 mendatang sudah resmi mendaftar di KPUD Dompu.

Sejumlah pasangan Balon yang telah mendaftar, diantaranya yakni 6 pasangan bakal Calon yang menggunakan partai pengusung dan 3 pasangan balon yang menempuh jalur perseorangan (Independent). Diantara pasangan calon yang menggunakan partai pengusung yakni, pasangan Ir. Edy wahyudi – Drs. Diaul Anhar, pasangan H. Syamsuddin MK – H. Sanusi, S.sos, Pasangan Drs. H. Bambang M.Yasin – Ir. H. Syamsuddin MM, pasangan H.Syaifurrahman Salman – Drs. H. Gaziamansyuri serta Pasangan Drs. HM.Amin MM – H. Didi Wahyudi serta pasangan H. kaimun – Jaidun. sementara tiga Balon yang menempuh jalur perseorangan yakni pasangan Edy Hermansyah – Badrun Anggrat, pasangan Arifin Ibrahim, SE – Drs. M. Nurdin AR serta pasangan H. Abdurrahman – Nurdin, SH.

Sejak pembukaan pendaftaran Bakal Calon Bupati tanggal 24 februari lalu, dua pasangan balon yang lebih dulu mendaftar yakni pasangan perseorangan Arifin Ibrahim SE – Drs. M. Nurdin AR kemuadian di susul pasangan Edy Hermansyah – Badrun Anggrat, kedua pasangan ini mendaftar pada hari jumat 26/02.

Sementara pada hari senin 01/03 6 pasangan calon sekaligus mendaftar, dengan silih berganti dari pukul 08.00 hingga 16.00. ke enam pasangan Balon tersebut yakni Pasangan H. Symsuddin MK – H.Sanusi, S.Sos kemudian pasangan Syaifurrahman Salman – Drs. Gaziamansyuri, pasangan Drs. H. Bambang M. Yasin – Ir. H. Syamsuddin MM, pasangan Ir. Edy Wahyudin – Drs. Diaul Anhar, pasangan H. M. Amin – H. Didy Wahyudi serta pasangan perseorangan H. Abdurrahman – Nurdin SH. Sementara pasangan calon lain yakni H.Kaimun – Nurdin AR mendaftar pada hari terakhir pendaftaran selasa 02/03 kemarin.

Untuk memeriahkan saat pendaftaran bakal calon selain di dampingi partai pengusung masing – masing balon pun membawa ratusan massa pendukun maupun simpatisan, namun meski dengan jumlah massa yang cukup banyak pendaftaran bakal calon tersebut berlangsung aman. selain massa pendukung, asesoris politik seperti baliho, sapanduk serta bendera partai pun ikut mewarnai saat pendaftaran, bahkan alat musik seperti organ tunggal, kecimon, rebana, serta alat musik lainnya pun juga ikut dibawa untuk memeriahkan pendaftaran bakal calon. Bahkan tidak tanggung – tanggung sejumlah pasangan Balon bupati dan wakil Bupati pun melakukan pendaftaran dengan berjalan kaki mulai dari rumah mereka masing – masing, serta ada pula bakal calon yang mendaftar dengan menunggangi Kuda.


Dalam proses pendaftaran sejumlah pasangan bakal calon yang di dampingi partai pengusung yakni dengan cara menyerahkan berkas dukungan partai maupun dukungun masyarakat untuk calon perseorangan di hadapan pihak KPUD, setelah penyerahan dukungan oleh pihak KPU melakukan penghitungan jumlah dukungan sesuai dengan standar dukungan yang di tetapkan oleh KPUD, yakni pasangan bakal calon minimal meiliki dukungan 15 persen suara atau 5 kursi Parlemen untuk pasangan dengan partai pendukung.

Ketua KPUD Dompu Erfan Taufan mengatakan Dari sembilan pasangan calon yang mendaftar tersebut, berkas pendaftarannya semua diterima, karena dari berkas dukungan yang diserahkan ke KPUD telah memenuhi standar yang telah ditetapkan. Akan tetapi lanjut Erfan pihak KPUD masih akan melakukan verifikasi dan klarisifikasi untuk menentukan calon yang ikut dalam Pemilu Kada, "dalam proses pendaftaran, semua berkas bakal calon terpenuhi, namun pihak KPUD masih akan melakukan verivikasi dan kalrifikasi, untuk penentuan bakal calon yang menjadi calon dalam pemilu kada” ujar Erfan.

Pantauan kampung media saat pendaftaran sejumlah pasangan bakal calon Bupati yang mendaftar, terdapat sejumlah partai yang sama yang dibawa oleh bakal calon untuk mendaftar kemarin. Beberapa partai yang sama yang digunakan oleh bakal calon dalam mendaftar tersebut yakni, Partai Merdeka, PKB, PAN, PMB, Partai Buruh, Partai Barnas. Diantararanya partai Merdeka didaftarkan oleh pasangan Drs. HM. Amin dengan pasangan H. Kaimun, sementara PAN di daftarkan oleh pasangan Syamsudin MK dengan Pasangan Kaimun. Partai Barnas di daftarkan oleh pasangan H. Syaifurrahman dan pasangan H. bambang, PKB didaftarkan oleh Pasangan H. Syamsudin MK dengan Pasangan HM. Amin serta Pasangan H. Kaimun, dan PMB didaftarkan oleh pasangan H. Syaifurrahman dan pasangan HM.Amin serta pasangan H. Kaimun, sementara Partai Buruh didaftarkan oleh pasangan H. Bambang dan pasangan HM.Amin. *purnwansyah*

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Web Host