Selasa, 17 April 2012

Melihat Indonesia dengan Taman

Duduklah disebuah Taman, suatu tempat yang sengaja dibuat oleh tangan kreatif untuk satu kehidupan buatan baru. Di sana ada bunga yang berwarna-warni, disana ada bunga dengan  bermacam-macam ukuran, disana ada bunga yang masih segar  dan bunga yang sudah layu, dan disana juga ada bermacam-macam bunga dengan keharuman yang berbeda.  
Apakah yang akan anda rasakan…? Jika jiwa anda merasakan damai, maka anda sudah dapat mendengarkan apa yang telah dikatakan oleh bunga yang bermacam-macam ukuran itu. Bunga itu menyadari  kalau dia (bunga) ada karena adanya (Bunga) yang lain, sehingga  apabila ia mengganggu bunga yang lain berarti ia menghianati keberadaan dirinya sendiri.
Jika hati anda merasakan tenang, maka anda  sudah bisa merasakan  apa yang dirasakan oleh  bunga-bunga yang tumbuh dengan warna berbeda itu. Bunga satu tidak merasa terancam ketika ada bunga lain tumbuh subur disekitarnya, Bunga satu tidak pernah dikhawatirkan oleh mekarnya bunga lain, justru yang mekar menjadi pelindung bagi yang lainya.
Jika seluruh tubuh anda merasa sejuk, maka anda sudah menikmati hakikat dari keberadaan taman dan bunga-bunga yang berada didalamnya. Taman ada bukan sebagai perusak lingkungan, tetapi ada untuk menata lingkungan yang tidak teratur dan bunga-bunga itu adalah anugerah alam yang dihadirkan untuk memberi, keindahan, kedamaian, dan ketenangan. 
Begitulah kira-kira keadaan yang bisa kita nikmati disepotong lingkungan yang diatur dengan rapi kemudian orang-orang kita menamainya dengan taman. Tetapi sadarkah kita kalau disepotong lingkungan tersebut ada banyak pelajaran yang dapat kita ambil dalam kehidupan kita bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Orang bijak selalu berkata "Belajarlah dari hal-hal kecil untuk menyikapi sesuatu yang besar, atau dengan perkataan lain pada sesuatu yang kecil terdapat sesuatu yang besar".
Indonesia menurut fakta sejarah adalah negara yang lahir dari hasil kesepakatan banyak suku bangsa yang mempunyai maksud dan tujuan yang sama yaitu kedamaian, kemakmuran, keadilan, dan kebebasan. Di dalam suku-suku bangsa ini terdapat beragam agama, bahasa, budaya, tradisi, dan kebiasaan yang berbeda-beda. sehingga Bung Karno mengatakan kalau negara Indonesia ada bukan karena persamaan adat budaya, agama, etnis, dan suku melainkan karena perbedaan itu menjadi " lem" perekat bangsa yang Berbhineka Tunggal Ika  (Biar berbeda tetapi tetap satu).
Kalau kita lihat, Indonesia persis seperti taman yang digambarkan diatas. Indonesia mempunyai batas wilayah dan keunikan-keunikan yang berada di dalamnya. Di negara kita ada + 14.000 pulau terbagi dalam pulau kecil ada pulau besar. Di negara kita ada banyak agama yang dianut oleh rakyat Indonesia terbagi menjadi mayoritas dan minoritas, dinegara kita ada jutaan bahasa yang disatukan oleh bahasa persatuan (bahasa Indonesia). Anugerah alam yang sungguh luar biasa.
Tetapi sayang Indonesia, sejak ia lahir sampai hari ini selalu dipenuhi oleh cerita-cerita duka karena per-bedaanya. Untuk menghindari terus berlanjutnya cerita duka dinegara-bangsa ini, mari kita pelajari kedamaian dan ketentraman yang diajarkan oleh taman dan bunga-bunganya. Kita boleh berbeda agama tetapi pernahkah ajaran agama kita masing-masing mengajarkan yang tidak benar. Kita boleh berbeda suku dan etnis karena itu akan memberi keterangan bahwa Indonesia adalah negara yang besar.  Kita boleh menjadi bagian yang paling besar dari negara ini tapi bagian negara yang kecil tidak harus disingkirkan. Kita boleh saja berbeda ras dan warna kulit tapi kita semua pada dasarnya adalah berasal dari unsur yang sama, dan tidak ada larangan untuk menjadi apa saja yang baik di negara ini yang dilarang adalah menjadi penghancur negara ini.
Kehidupan bernegara adalah kehidupan yang digem-birakan oleh harapan dan kehidupan yang tidak menyukai keputusasaan. Jadi bagaimanapun Indonesia hari ini kita jangan sampai putus asa untuk mencari pemecahan terbaik.  Harapan kita pun adalah sesuatu yang paling baik untuk Indonesia.W

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Web Host