Kamis, 09 Agustus 2012

Musyawarah Penentuan Lokasi Sholat Idul Fitri


Terlihat suasana akrab mewarnai jajaran Pemerintah Desa Mumbu Kec.Woja pagi ini,,hari ini kebetulan saya berkunjung dalam rangka silaturahmi dengan Pemerintah Desa Mumbu, bertepatan juga dengan Pemerintah Desa sedang melakukan mUsyawarah dengan staf, kepala dusun, BPD, LPM, dan lain-lain. (Foto : Kepala Desa – Tengah, Sekdes-Kiri, dan Ketua BPD-kanan) terkait tempat pelaksanaan Sholat Ied. walaupun Idul Fitri masih 2 Minggu Lagi.

Agenda pertemuannya antara lain membahas beberapa hal antara lain tentang himbauan Bupati Dompu khusus kepada Desa Mumbu agar menempatkan di Satu titik atau local tempat pelaksanaan Idul Fitri untuk tahun ini karena setelah di ketahui bahwa selama ini tempat Sholat iednya banyak di beberapa titik karena mengingat dusunnya yang jauh2. Dan dari hasil rapat dengan masing masing kepala dusun ada yang berpendapat bahwa mereka ingin tetap seperti kebiasaan yang lama tahun – tahun sebelumnnya karena mengingat tempatnya yang jauh dan tidak adanya transportasi umum, karena jarak dusun terutama Dusun Tonda dan Embung sangat jauh dari jalan raya umum serta banyak ke khawatiran lain dari kepala Dusunnya seperti masalah keamanan Dusun yang ditinggalkan pada saat Melaksanakan Sholat ied, dan ada juga yang berpendapat lebih bagus disatukan karena lebih banyak orang lebih bagus dan ramai serta bisa bersilaturahmi dengan warga dusun – dusun yang lain di satu tempat saja. Pendapat yang ingin sengaja. Adanya beda pendapat ini tidak lantas membuat suasana rebut dan panas tetapi malah dijadikan candaan oleh masing-masing kepala dusun untuk saling mengolok “kenapa harus tinggal di tempat yang jauh”, dll.
Dan keputusan untuk satu tempat atau tidak, belum bias disepakati karena kepala dusun Embung meminta waktu dulu untuk mendiskusikan dengan warganya, kalau mereka juga siap maka akan segera di komunikasikan kembali dan sebaliknya kalaupun tidak maka semua warga harus menghargai beberapa dusun yang tidak bisa bergabung pelaksanaan sholat idul fitrinya. EN

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Web Host