Rabu, 05 Januari 2011

Jagung TEKSAS Kian Digemari

M Ncuhi Riwo Dompu – TEKSAS mungkin masih sangat asing di telinga sebagian masyarakat Dompu lebih – lebih warga yang ada di luar daerah Kabupaten Dompu, Teksas merupakan nama yang sangat baru, nama sebuah tempat dimana warga di Desa Madaprama Kecamatan Woja menjajakan jagung bakar atau jagung rebus muda yang paling enak yang pernah anda jumpai. Saking enaknya jagung yang disajikan oleh pedagang setempat, para penggemar jagung ini pun memberikan nama baru di daerah itu yakni jagung TEKSAS yang merupakan singkatan dari Teka Sire Asyik Sekali.

Selain jagungnya yang sangat enak untuk dinikmati dengan racikan bumbu serta sambal yang mengugah selera, menikmati suasana daerah Teksas yang sangat indah di atas gubuk – gubuk yang terbuat dari bambu menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat jagung. Tampak terlihat tebing – tebing yang curam dengan keindahan pepohonan yang tumbuh dengan indah, “jagung yang di sajikan di tempat ini sangat enak sekali, apa lagi bumbu serta sambal yang disediakan untuk jagung ini menjadi ciri khas tersendiri, enak dan mantap, lebih – lebih pemandangan yang ada disekitar terasa sangat sejuk dan menjadi daya tarik tersendiri pula” ujar Ivan salah seorang warga Dompu.

Tempatnya yang sangat strategis, menjadikan Teksas ramai di kunjungi oleh penikmat jagung, lokasi yang berada di atas puncak tanjakan berderet di pinggir jalan puluhan gubuk dengan topleks jagung yang tertata rapi di atas meja mengundang selera para pengguna jalan, “saya kalau lewat di sini tetap mampir untuk menikmati jagung rebus, enak dan mantap mas” ujar Retni warga Kabupaten Bima yang mengaku setiap berkunjung ke tempat keluarganya di Dompu pasti berkunjung pula di Teksas.

Seliain itu pula lokasi Teksas yang dekat dengan tempat Wisata pemandian Madaprama, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat jagung. Usai berendam di pemandian madaprama rata – rata warga langsung berbondong – bondong menikmati jagung Teksas, “kita setiap minggu tetap mandi di madaprama, nah usai mandi kami tetap langsung menikmati jagung di sini” ujar Devi yang ditemui kampung media saat menikmati jagung bersama keluarganya.

Setiap hari, di semua bedek para penjual jagung selalu terpenuhi oleh para pembeli, baik itu rombongan keluarga, sekumpulan anak muda, bahkan pasangan muda – mudi yang mabuk asmara berduaan menikmati jagung sambil menikmati pemandangan. Tidak hanya enak dan mantap yang dirasakan oleh para penikmat jagung, harganya yang murah sangat mudah dijangkau oleh warga, menjadikan jagung Teksas kian di gemari oleh masyarakat dompu maupun luar daerah dompu yang melewaati jalur “Teka Sire”.

Selain menjajakaan jagung rebus maupun jagung bakar, para pedagang juga menyediakan jagung yang masih mentah untuk oleh – oleh yang bisa di bawa pulang untuk dibakar serta di rebus sendiri.

Penasaran dengan enaknya jagung Teksas? Kalau anda berkunjung ke Dompu dan berada di puncak Teka Sire Desa Madaprama Kecamatan Woja jika melihat warung – warung yang menjajakan jagung, maka mampir coabain dan rasakan kenikmatan jagung TEKSAS, di jamin enak dan mantap...!!! (Pur)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Web Host