Minggu, 02 Januari 2011

Bupati Serahkan Bantuan Dana Untuk Korban BanjirBupati Serahkan Bantuan Dana Untuk Korban Banjir

KM Ncuhi Riwo Dompu - Penanggulangan korban banjir terus dilakukan oleh pemerintah Daerah kabupaten Dompu, selain menyalurkan bantuan tanggap darurat berupa beras, Mie instan serta pakaian layak pakai, minggu 02/01 Bupati Dompu beserta jajarannya menyerahkan secara simbolis bantuan dana untuk para korban banjir. Selain menyerahkan bantuan dana, Bupati juga menggelar dzikir bersama para korban banjir.

Kepala kantor Kesbang Poldagri dan Penanggulangan Bencana Tajudin Hir, SH, M.Si menjelaskan penyaluran bantuan dana ini akan di berikan secara merata kepada semua korban banjir sesuai dengan kriteria kerusakan, beberapa kriteria yang dimaksud yakni, Rumah hanyut, Rusak Berat, Rusak sedang dan rusak ringan. data akhir yang telah diterima berdasarkan pantauan serta pendataan yang di lakukan oleh pihaknya, bahwa jumlah keseluruhan Korban Bencana banjir yakni sebanyak 226 kepala keluarga, sementara rumah warga yang hanyut sebanyak 2 unit, rusak berat sebanyak 8 unit, rusak sedang sebanyak 15 unit, dan rusak ringan yakni sebanyak 201 unit rumah.

Sementara besarnya nominal uang yang akan diterima warga korban banjir jelas Tajudin yakni berdasarkan kriteria kerusakan, dalam hal ini, rumah yang hanyut yakni Rp 7.500.000 per kepala keluarga, rusak berat Rp 5.000.000 per rumah, rusak sedang Rp 2.500.000, dan untuk rusak ringan ringan yakni Rp 250.000 per kepala keluarga.

Sementara itu Bupati Dompu Drs. H. Bambang M.Yasin dihadapan para korban banjir mengatakan keprihatinanya atas bencana yang melanda warga di Kelurahan Montabaru, untuk itu dirinya berharap agar warga selalu berinstrokspeksi diri terhadap bencana yang melanda Kabupaten Dompu, “Bencana merupakan peringatan ujian serta cobaan yang diberikan oleh Allah, saya harap semua warga korban banjir agar slalu bersabar. Mari kita instrokspeksi diri, mungkin ada kekhilafan yang telah kita perbuat selama ini, berdo’a dan selalu mendekatkan diri kepadaNya agar kita terhindar dari bencana seperti yang terjadi sekarang ini” harapnya.

Lebih lanjut H. Bambang berharap agar dengan bantuan dana yang diberikan oleh pemerintah tersebut dipergunakan sebagaimana mestinya yakni untuk keperluan membangun kembali rumah yang hanyut maupun memperbaiki rumah – rumah yang telah rusak, “ mungkin bantuan dana yang kami salurkan ini tidak sebanding dengan jumlah kerugian yang dialami oleh warga, untuk itu kami sangat berharap agar bantuan dana ini digunakan untuk keperluan membangun kembali rumahnya masing – masing serta memperbaikinya, maupun membeli perlengkapan rumahnya yang telah rusak atau hanyut dibawa banjir” ujar H. Bambang.

Peneyerahan bantuan dana tersebut diberikan secara simbolis dan diwakili oleh salah seorang korban banjir yang rumahnya hanyut, sementara untuk penyaluran ke semua para korban banjir akan dilakukan di Kantor Kelurahan setempat pada hari senen 03/01 . Di sela – sela acara penyerahan dana bantuan tersebut, Bupati Dompu beserta Rombongan mengajak para korban banjir untuk malakukan doa dan dzikir bersama untuk keselamatan semua warga serta terhindar dari segala bencana, “Kami atas nama Pemerintah Daerah turut prihatin atas apa yang menimpa warga di kelurahan Montabaru, mudah – mudahan kejadian ini menyadarkan kita akan tingkah laku maupun perbuatan kita yang salah selama ini” ujarnya.(pur)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Web Host