Selasa, 16 April 2013

Pelatihan Pendamping Lokal PNPM - GSC


PNPM GSC merupakan Program Integrasi dari PNPM MPd sebelumnya. Program ini merupakan Program dari Bank Dunia. Untuk mendukung percepatan pencapaian MDGs Tahun 2015 maka Bank Duni merancang Program Baru melalui PNPM ini untuk mempercepat pencapaian 2 aspek yaitu pendidikan dan kesehatan.
Selain itu juga PNPM GSC membantu mendorong dan melengkapi dan meningkatkan kualitas perencanaan dan kegiatan bidang pendidikan dan kesehatan, Mendukung penegakan prinsip dan ketentuan  PNPM Mp serta Memperkuat implementasi penguatan kapasitas dan kelembagaan desa.
 Maka  dalam rangka Mempersiapkan SDM Pendamping Lokal (PL) di tingkat Kecamatan yang ada di kabupaten Dompu, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) khususnya GSC yang pada Tahun ke 3 ini baru masuk di 2 Kabupaten yaitu Bima dan Dompu. Maka pada tahap awal-awal ini PNPM GSC di KAbupaten Dompu melakukan kegiatan penguatan kapasitas Pendamping Lokal agar mereka dapat memfasilitasi proses pelaksanaan dan pengelolaan PNPM Generasi di kecamatan masing-masing.
 Melalui kegiatan pelatihan yang di adakan di Gedung PKK Kab.Dompu pada Tanggal 15-16 April 2013 ini PL diharapkan dapat menguasai dan memahami beberapa hal penting antara lain :
     Apa sebenarnya PNPM GSC itu melalui pendalaman Konsep dan Tujuan PNPM Generasi
     Bagaimana Substansi Kesehatan Ibu dan Anak
     Bagaimana Substansi Wajib Belajar 9 tahun
     Tehnik fasilitasi sosialisasi program
     Tehnik fasilitasi perencanaan program
     Tehnik pendampingan program
     Pengelolaan administrasi , keuangan , dan pelaporan keprograman
 Kegiatan Pelatihan ini difasilitasi langsung oleh Fasilitator Kabupaten (Faskab) dan  Fasilitator Kecamatan (FK) dari Program PNPM GSC.*EN

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Web Host