Jumat, 21 Mei 2010

DPRD Dompu, Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Visi Misi Calon Bupati/Wakil Bupati Dompu

Ncuhi riwo -
Sidang paripurna Dewan Kabupaten Dompu, dalam penyampaian visi misi calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2010-2015, Jum’at (21/5) kemarin digelar di ruang rapat utama gedung DPRD Dompu. Dari ke 7 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan berlaga dalam pemilukada Dompu 7 Juni mendatang, hanya saja dalam penyampaian visi – misi tersebut salah satu calon Bupati nomor urut 2 Edi Hermansyah SH berhalangan hadir karena sakit dan hanya di wakili oleh calon Wakil yakni Bupati Badrun Anggrat.
Rapat paripurna penyampaian visi misi calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu, dihadiri ratusan pendukung masing-masing pasangan calon serta Pimpinan Partai pengusung. Hadir juga, sejumlah muspida, Sekda Dompu, Drs. H. Zainal Arifin Hir, Kepala Kantor, Dinas dan Badan di Lingkup Pemda Dompu serta anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara pemilu dan Ketua Panwas Dompu. Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kab. Dompu, Drs H. Hidayat Ali.
Wakil Ketua DPRD Dompu Drs H Hidayat Ali, dalam sambutan singkatnya membacakan tatib agenda rapat paripurna penyampaian visi misi calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu periode 2010-201. Dikatakan, penyampaian Visi dan Misi oleh para pasangan tersebut di batasi, masing-masing calon Bupati dan Wakil Bupati diberi waktu menyampaikan visi dan misinya sekitar 20 menit dan disampaikan secara bergilir sesuai nomor urut yang di tetapkan KPU.
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu yang mendapat giliran pertama menyampaikan visi misinya, yakni, H. Syaifurrahman Salman, SE dengan Drs. H. Gaziamansyuri, MAP. Visi pasangan ini, yakni, menginginkan Dompu yang maju melalui peningkatan sumber daya manusia dan pengembangan agribisnis dalam lingkungan masyarakat yang berbudaya, sejahtera dan religious. Sementara misinya, diantaranya, peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah, peningkatan mutu kehidupan social budaya,peningkatan supremasi hukum dan pengembangan kehidupan politik di daerah, peningkatan kualitas keamanan dan ketertiban masyarakat.
Adapun visi misi pasangan nomor urut 2 Eddy Hermansyah, SH dan Badrun Anggrat, diantaranya, visi dalam rangka pembangunan daerah Dompu adalah menuju Dompu Bahagia, Tujuan tersebut terwujud melalui proses pembelajaran dalam arti las dan berkesinambungan, artinya tidak hanya terwujud pendidikan formal oleh peserta didik dalam usia sekolah, melainkan di laksankan oleh segenap masyarakat agar kehidupan hari ini lebih baik dengan kemarin dan hari esok lebih baik dengan hari ini.
Sementara Misinya, yakni, masyarakat dalam memperoleh informasi yang bermanfaat untuk menumbuhkan kreatifitas dalam menanggapi peluang yang berkaitan dengan peningkatan taraf hidup, dan kesejahteraan masyarakat. Menyertakan warga masyarakat (membangun partisipasi aktif) dalam mekanisme pengambilan kebijakan dan pelaksanaannya terutama program yang menyangkut hajat hidup orang banyak.
Sementara pasangan nomor urut 3 Drs. H. Bambang M. Yasin dan Ir. H. Syamsudin, MM, dalam penyampaian Visinya, terwujudnya masyarakat Dompu yang mandiri dan religious. Misinya Menumbuhkan ekonomi berbasis sumber daya local, dan mengembangkan investasi dengan mengedepankan prinsip pemberdayaan masyarakat sebagai pelaku usaha. Mengembangkan masyarakat yang religious, berahlak mulia, berbudaya, menghormati sesame Meningkatkan pelayanan pendididkan dan kesehatan gratis yang berkeadilan, terjangkau, dan berkualitas Melakukan percepatan pembangunan infrastruktur daerah dan strategis.
Pasangan nomor urut 4 Ir. H. Eddy Wahyudin, MBA, dengan Drs. Diaul Anhar H. Anas Visinya, Terwujudnya kehidupan masyarakat Dompu yang tinggi derajatnya, makmur, dan berakhlakul karimah. misinya Membangun bersama organisasi social, politik, dan birokrasi yang kuat menuju pemerintahan yang bersih dan berwibawa Membangun bersama maasyarakat Dompu yang mandiri membangun bersama prestasi masyarakat Dompu. Membangun bersama semangat ukhuwah / persaudaraan dalam masyarakat, sebagai modal dasar terciptanya suasana kehidupan yang nyaman, tertib, indah, kompak, dan aman.
Sementara pasangan nomor 5 Drs. H. M. Amin, MM dengan H. Didi Wahyudi, SE, visinya. Terwujudnya masyarakat Dompu yang maju, mandiri, dan religious dengan di nafasi semangat “Mbolo Weki”. Rumusan tersebut mengandung makna Maju, Mandiri, dan Religius. Misinya Meningkatkan kemampuan dan keadilan ekonomi Mengembangkan pendididkan dan tehnologi yang bermutu dan berorientasi pasar Peningkatan derajat kesehatan masyarakat Mengembangkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan public. Meningkatkan upaya penegakkan hukum dan Kamtibnas. Meningkatkan pengelolaan dan pelestarian SDA dan lingkungan.
Pasangan nomor urut 6 H. Syamsuddin MK dengan H. Sanusi H. Hamzah, S.Sos, Visinya, Terwujudnya pemerintahan yang bersih, adil, dan bertanggungjawab dalam mengemban dan mengelola sumber daya manusia, sumber daya ekonomi, dan sumber daya alam yang dilandasi semangat Nggahi Rawi Pahu menuju terciptanya masyarakat Dompu yang mandiri, sejahtera dan religious.Misinya, Meningkatkan kesejahteraan masyarakat lahir dan batin, mandiri, dalam suasana aman dan damai. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, berdaya saing, inovatif berdasarkan iman dan taqwa Mengoptimalkan pengembangan dan pemanfaatan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan Meningkatkan pelayanan public dan aparatur yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Menegakan supremasi hukum dan hak asasi manusia.Meningkatkan pertumbuhan wilayah dan pemerataan pembangunan Kota dan Desa.
Sementara pasangan terakhir yang menyampaikan visi misnya, yakni nomor 7 Pasangan Arifin Ibrahim, SE dengan Drs. M. Nurdin AR, Visinya, membangun masyarakat Dompu yang jujur, cerdas, maju, mandiri, berkepribadian, sejahtera, cinta tanah air, bernuasa religious, dinafasi semangat Nggahi Rawi Pahu.Misinya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar mampu bersaing dalam kompetisi dengan membangun lembaga pendidikan yang bermutu, terjangkau, dan berkepribadian. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dan pelestarian lingkungan hidup, membangun ekonomi kerakyatan dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki dan membuka peluang investasi,Memperluas kesempatan berusaha dan membuka lapangan kerja.Penegakan hukum dan HAM, memantapkan system politk yang demokratis menciptakan keamanan yang kondusif, mempercepat reformasi birokrasi dan pemberantasan korupsi.
Paripurna dengan agenda penyampaian visi misi calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu berakhir pukul 12.00 Wita, sempat terjadi interupsi yang dilakukan anggota Dewan Kurnia Ramadhan SE, terkait Tanya jawab dan dialog dalam agenda penyampaian visi misi tersebut. Namun, permintaan tersebut ditolak oleh pimpinan sidang. (pur/rif)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Web Host